Rabu, 11 Juni 2014

7 pendidikan-karakter-di-smp-mll-pbm-mbs-ekskul Presentation Transcript


  • 1. KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DITJEN MANDIKDASMEN DIREKTORAT PEMBINAAN SMP 2010
  • 2. Masalah Remaja mengaku pernah melakukan hubungan seks pranikah 62,7% Siswi SMP pernah melakukan 21,2% Remaja pernah Aborsi 93,7% Remaja SMP dan SMA pernah melakukan ciuman dan oral seks 97,0% Remaja SMP dan SMA pernah menonton film porno Sumber: Komnas Pelindungan Anak, PKBI, BKKBN (Media Indonesia, 18 Jan. 2009)
  • 3. Masalah Pengguna Narkoba 4.000.000 Jumlah Pengguna Narkoba di Indonesia 20,0% Dari 4 juta pengguna narkoba adalah pelajar 70,0% Siswi SMP dan SMA di 12 Kota Besar pernah pendapatkan tawaran narkoba dari temannya 83.000 Pelajar pengguna narkoba (SD,SMP,SMA) di 12 Kota Besar Sumber: Badan Narkotika Nasional (ismi.com, 27/06/08 dan Detik.com, 25/06/06)
  • 4. TUJUAN Pendidikan karakter pada tingkatan institusi mengarah pada pembentukan budaya sekolah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. Budaya sekolah merupakan ciri khas, karakter atau watak, dan citra sekolah tersebut di masyarakat luas.
  • 5. DASAR HUKUM1. Undang-Undang Dasar 1945 Amandemen2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan4. Permendiknas No 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan5. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi6. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan7. Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional 2010-20148. Renstra Kemendiknas Tahun 2010-20149. Renstra Direktorat Pembinaan SMP Tahun 2010 - 2014
  • 6. Pengertian Karakter danPendidikan KarakterKarakter adalah nilai-nilai yang melandasi perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetikaPendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil.
  • 7. Pendidikan KarakterPendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil.
  • 8. Nilai-Nilai Karakter untuk Siswa TUHAN Y M E TUHAN Y M E Nilai-Nilai Nilai-Nilai Nilai-Nilai Nilai-Nilai Moral Knowing Moral Knowing DIRI SENDIRI DIRI SENDIRI SESAMA SESAMA KARAKTER KARAKTER Nilai-Nilai Nilai-Nilai Nilai-Nilai Nilai-Nilai Moral Action Moral Action Moral Feeling Moral Feeling KEBANGSAAN KEBANGSAAN LINGKUNGAN LINGKUNGAN Nilai-Nilai Nilai-Nilai
  • 9. Skema Pendidikan Karakter di SMP Agama, Pancasila, UUD 1945, PROSES PEMBUDAYAAN DAN PEMBERDAYAAN UU No. 20/2003 ttg Sisdiknas INTERVENSI INTERVENSI MANAJEMEN Teori EKSTRA PEMBELAJARAN Nilai-nilai PerilakuPendidikan, Psikologi, Karakter KURIKULER BerkarakterNilai, Sosial Budaya Standar Kompetensi HABITUASI HABITUASI Lulusan (SKL) dan best practices PERANGKAT PENDUKUNG Kebijakan, Pedoman, Sumber Daya, Lingkungan, Sarana dan Prasarana, Kebersamaan, Komitmen pemangku kepentingan. 9
  • 10. Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran • Perencanaan • Penyusunan Silabus • RPP • Bahan Ajar Siswa Nilai-Nilai SMP Karakter • Pelaksanaan Berka- • rakter Kegiatan Pembelajaran (CTL) • Evaluasi
  • 11. Pelaksanaan Pembelajaran INTERVENSI Contextual Teaching and Learning Kegiatan Inti:Pendahuluan • Eksplorasi Penutup • Elaborasi • Konfirmasi HABITUASI
  • 12. Evaluasi melalui Authentic AssessmentTeknik Penilaian Bentuk InstrumenTes Tertulis • Pilihan ganda • Pilihan singkat • Benar-salah • Uraian • MenjodohkanTes Lisan • Daftar pertanyaanTes Kinerja • Tes tulis keterampilan • Tes simulasi • Tes identifikasi • Tes uji petik kerjaPenugasan individual • Pekerjaan rumahatau kelompok • ProyekObservasi • Lembar observasi/lembar pengamatanPenilaian portofolio • Lembar penilaian portofolioJurnal • Buku catatan jurnalPenilaian diri • Lembar penilaian diri/kuesionerPenilaian antarteman • Lembar penilaian antarteman
  • 13. Pembinaan Karakter Melalui MBS • Perencanaan • Pelaksanaan • Perencanaan • Supervisi, & ME • Pelaksanaan. • Kemandirian • Kemitraan/ SI, SKL, • Siswa Kerjasama Pembelajaran SMPNilai-Nilai • Partisipasi• Pendidik & TngKarakter Berka- • Transparansi rakter Kependdkan • Akuntabilitas • Sarana dan prasarana • Kesiswaan • Pendanaan
  • 14. Pembinaan Karakter melaluiEkstrakurikuler • Pembiasaan Akhlak Mulia; • MOS; . OSIS • Tatakrama dan Tata Tertib Kehidupan Sosial Sekolah; • Kepramukaan • Upacara Bendera Siswa • Pendidikan Pendahuluan SMPNilai-NilaiKarakter Bela Negara Berka- • Pendidikan Berwawasan rakter Kebangsaan • UKS • PMR • Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
  • 15. 15
  • 16. PENDIDIKAN KARAKTERSECARA TERPADUMELALUI PEMBELAJARAN
  • 17. DISTRIBUSI NILAI-NILAI POKOK DALAM MAPEL Mata Pelajaran Nilai Pokok 1. Pendidikan Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, Agama percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli 2. PKn Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain 3. Bahasa Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, Indonesia ingin tahu, santun, nasionalis 4. IPS Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras 5. IPA ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu 6. Bahasa Inggris Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial 7. Seni Budaya Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis
  • 18. DISTRIBUSI NILAI-NILAI POKOK DALAM MAPEL 8. Penjasorkes Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain 9. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung TIK/Keterampilan jawab, dan menghargai karya orang lain 10. Muatan Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, Lokal nasionalis, peduli
  • 19. I. PERENCANAANPEMBELAJARAN
  • 20. STRATEGI DALAM SILABUS 1. Penambahan kegiatan pembelajaran yang sekaligus dapat mengembangkan karakter 2. Penambahan indikator pencapaian yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter 3. Penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian yang sekaligus dapat mengembangkan karakter
  • 21. STRATEGI DALAM RPP 1. Penambahan kegiatan pembelajaran yang sekaligus dapat mengembangkan karakter 2. Penambahan indikator pencapaian yang terkait dengan pencapaian peserta didik dalam hal karakter 3. Penambahan dan/atau modifikasi teknik penilaian yang sekaligus dapat mengembangkan karakter
  • 22. STRATEGI DALAM BAHANAJAR 1. Adaptasi bahan ajar dari silabus dan RPP yang telah disusun. 2. Adaptasi yang paling mungkin dilaksanakan oleh guru adalah dengan cara menambah kegiatan pembelajaran yang sekaligus dapat mengembangkan karakter. Cara lainnya adalah dengan mengadaptasi atau mengubah kegiatan belajar pada buku ajar yang dipakai.
  • 23. I. PELAKSANAANPEMBELAJARAN
  • 24. CONTOH PENANAMAN NILAI DALAM PELAKSANAANPEMBELAJARAN: A. PENDAHULUAN 1. Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin) 2. Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (contoh nilai yang ditanamkan: santun, peduli) 3. Berdoa sebelum membuka pelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: religius) 4. Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin) 5. Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: religius, peduli) 6. Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin) 7. Menegur siswa yang terlambat dengan sopan (contoh nilai yang ditanamkan: disiplin, santun, peduli) 8. Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter 9. Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
  • 25. B. INTI : 1. EKSPLORASI1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, berfikir logis, kreatif, kerjasama)2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, kerja keras)3. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, peduli lingkungan)4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri, mandiri)5. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kerja keras)
  • 26. 2. ELABORASI1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu, kreatif, logis)2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis, saling menghargai, santun)3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif, percaya diri, kritis)4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama, saling menghargai, tanggung jawab)5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, disiplin, kerja keras, menghargai)6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)8. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, saling menghargai, mandiri, kerjasama)
  • 27. 2. KONFIRMASI1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis)2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri, logis, kritis)3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan)4. Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap, antara lain dengan guru: 1. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, santun); 2. membantu menyelesaikan masalah (contoh nilai yang ditanamkan: peduli); 3. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi (contoh nilai yang ditanamkan: kritis); 4. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh (contoh nilai yang ditanamkan: cinta ilmu); dan 5. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif (contoh nilai yang ditanamkan: peduli, percaya diri).
  • 28. C. PENUTUP1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri, kerjasama, kritis, logis);2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (contoh nilai yang ditanamkan: jujur, mengetahui kelebihan dan kekurangan);3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai, percaya diri, santun, kritis, logis);4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan5. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  • 29. III. EVALUASIPENCAPAIANPEMBELAJARAN
  • 30. TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Tes Tertulis • Pilihan ganda • Benar-salah • Menjodohkan • Pilihan singkat • Uraian Tes Lisan • Daftar pertanyaan Tes Kinerja • Tes tulis keterampilan • Tes identifikasi • Tes simulasi • Tes uji petik kerja Penugasan individual • Pekerjaan rumah atau kelompok • Proyek Observasi • Lembar observasi/lembar pengamatan Penilaian portofolio • Lembar penilaian portofolio Jurnal • Buku catatan jurnal Penilaian diri • Lembar penilaian diri/kuesioner Penilaian antarteman • Lembar penilaian antarteman
  • 31. CONTOH: ADAPTASI PENILAIAN DIRINo. Aspect Very Much Little Much Asking for opinions Giving opinions Asking about facts Giving facts Patience Independence Confidence ….
  • 32. PENDIDIKAN KARAKTERSECARA TERPADUMELALUI MANAJEMEN
  • 33. PENDAHULUAN1.Latar Belakang2.TujuanPENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KARAKTER1.PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER YANG TERPADUDALAM MANAJEMEN SEKOLAH2.MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAHa.Perencanaan pendidikan karakter•Implementasi nilai kemandirian dalam pengembangan perencanaanprogram dan kegiatan sekolah•mplementasi nilai kemitraan atau kerjasama dalam pengembangan RKSdan RKAS•Implementasi nilai partisipasi dalam pengembangan RKS dan RKAS•Implementasi nilai keterbukaan dalam pengembangan RKS dan RKAS•Implementasi nilai akuntabilitas dalam pengembangan RKS dan RKAS
  • 34. b. Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pendidikan Karakter1)Implementasi nilai kemandirian dalam pelaksanaan program dan kegiatan2)Implementasi nilai kerjasama atau kemitraan dalam pelaksanaan program dankegiatan3)Implementasi nilai partisipasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan4)Implementasi nilai keterbukaan dalam pelaksanaan program dan kegiatan5)Implementasi nilai akuntabilitas dalam pelaksanaan program dan kegiatan danhasil-hasilnyac. Strategi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah•Strategi pelaksanaan program dan kegiatan dalam penanaman karakter•Strategi untuk menanamkan nilai-nilai karakter sikap moral•Strategi untuk pemahaman nilai-nilai karakter tindakan morald. Supervisi, Monitoring, dan Evaluasi dalam Pendidikan Karakter1)Implementasi nilai kemandirian dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi disekolah2)Implementasi nilai kemitraan/kerjasama dalam pelaksanaan pengawasan danevaluasi3)Implementasi prinsip partisipasi dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi disekolah4)Implementasi prinsip keterbukaan dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasi disekolah5)Implementasi prinsip akuntabilitas dalam pelaksanaan pengawasan dan evaluasidi sekolah
  • 35. PENDIDIKAN KARAKTERSECARA TERPADUMELALUI KEGIATANEKSTRA KURIKULER
  • 36. 1.Kegiatan ekstrakurikuler yangmendukung pengembangankompetensi akademika. pembelajaran untuk program perbaikan,b. pembelajaran untuk pengayaan, danc. klinik mata pelajaran.
  • 37. 2. Kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan bakat, minat, dan kepribadian/karakter
  • 38. NO JENIS KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN1. Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain : a.Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing b.Memperingati hari hari besar keagamaan c.Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama d.Membina toleransi kehidupan antar umat beragama e.Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa kegamaan f.Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah2. Pembinaan budi pekerti luhur atau ahlak mulia, antara lain a.Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah b.Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial) c.Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan d.Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama e.Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah f.Melaksanakan kegiatan 7 K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan)3. Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaaan, dan bela negara, antara lain : a.Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /hari sabtu, serta hari – hari besar nasional b.Menyayikan lagu–lagu nasional (Mars dan Hymne) c.Melakasanakan kegiatan kepramukaan d.Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah e.Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dang semangat perjuangan para pahlawan f.Melaksanakan kegiatan bela negara g.Menjaga dan menhormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara h.Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
  • 39. NO JENIS KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN4. Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olaharaga sesuai bakat dan minat, antar lain : a.Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian b.Menyelenggarakan kegiatan ilmiah c.Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) d.Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar e.Mendesain dan memproduksi media pembelajaran f.Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian g.Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah h.Membentuk klub sains, seni dan olahraga i.Menyelenggarakan festival dan lomba seni j.Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga5. Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antar lain : a.Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing b.Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa c.Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional d.Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat e.Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato f.Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan g.Melaksanakan penghijauan dan peridangan lingkungan sekolah6. Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antar lain : a.Meningkatkan kreativitas dan ketrampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna b.Meningkatkan kreativitas dan ketrampilan di bidang barang dan jasa c.Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi d.Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri(Prakerim) e.Meningkatakan kemampuan ketrampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus
  • 40. NO JENIS KEGIATAN PEMBINAAN KESISWAAN7. Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi, antar lain : a.Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat b.Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS) c.Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS d.Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja e.Melaksanakan hidup aktif f.Melakukan diversifikasi pangan g.Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah8. Pembinaan sastra dan budaya, antara lain : a.Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra b.Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya c.Meningkatkan daya cipta sastra d.Meningkatkan apresiasi budaya9. Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antar lain : a.Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran b.Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi c.Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan10. Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antar lain : a.Melaksanakan lomba debat dan pidato b.Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi c.Melaksanakan kegiatan English Day d.Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris ( Story Telling) e.Melaksanakan lomba Puzzles words/scrabble

Tidak ada komentar:

Posting Komentar