Rabu, 11 Juni 2014

Pendidikan Karakter Bangsa yang Kreatif, Rekreatif dan Edukatif


Jakarta, HanTer – Pendidikan kepanduan yang ada dalam Gerakan Pramuka merupakan proses pendidikan karakter bangsa dengan cara kreatif, rekreatif dan edukatif. Oleh karena itu, Gerakan Pramuka menjadi wadah pengembangan diri yang penting dan menarik bagi anak muda. 
“Gerakan Pramuka sangat baik dalam membentuk human character building (pembentukan karakter manusia), yang terbukti mampu melahirkan insan mandiri dan bertanggung jawab,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Sakhyan Asmara, dalam keterangan tertulisnya kepada Harian Terbit, Jumat (18/4). 
Menurutnya, Pramuka terbukti mampu melahirkan generasi tangguh dan bertanggung jawab. “Oleh karena itu, Gerakan Pramuka harus terus ditumbuhkan dan dikembangkan. Melalui berbagai program kepramukaan ini, juga kita harapkan akhlak, budi pekerti, dan mentalitas anak bangsa dapat terbangun lebih positif,” ungkapnya. 
Hal itu disampaikan Sakhyan dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Arah Kebijakan Kemenpora Dalam Pengembangan Gerakan Pramuka Tahun 2014.
Pada kesempatan yang sama turut hadir pula, Asisten Deputi Kepanduan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, IGP Raka Pariana. Dia menuturkan, masih terdapat beberapa kendala dalam penyaluran dan pengelolaan Dana Dekonsentrasi di seluruh propinsi di Indonesia.



Dengan diselenggarakannya rapat koodinasi ini, kata dia, dilakukan dalam upaya memberikan informasi dan pemahaman yang sama kepada seluruh pihak terkait dalam penyaluran dan penggunaan dana bantuan. “Sehingga diharapkan adanya persepsi yang sama dari seluruh pihak terkait dalam pengelolaan dana pengembangan kepramukaan untuk tingkat Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang,” katanya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar